UPDATE 9/2016: Saya barusan diberi tahu oleh teman saya kalau Layanan Kartu Indigo ini udah tidak ada, tetapi ada bentuk layanan lain yang serupa dengan jaminan yang lebih besar (sekitar 3jt) – Silahkan cek ke Bank  Sinarmas terdekat.

UPDATE 12/2016 karena informasi mengenai SCC simpang siur saya sarankan untuk langsung ditanyakan ke kantor cabang bank (BCA,Sinarmas dll) terdekat.

Sebelumnya tidak ada maksud untuk mempromosikan kartu kredit atau produk apapun pada tulisan saya ini, semua tulisan ini murni dibuat untuk membantu teman-teman yang membutuhkan informasi ini.

Let’s Start!

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara mendapatkan kartu kredit untuk transaksi online khususnya teman-teman programmer, mahasiswa atau pengusaha muda. Kali ini saya akan membahas pengalaman pribadi saya bagaimana saya mendapatkan kartu kredit pertama saya.

Kartu Kredit

Kartu Kredit

Hal yang perlu diperhatikan  ketika kita ingin membuat kartu kredit adalah fungsi atau kegunaannya nanti. Tujuan saya adalah hanya untuk pembayaran di merchant online seperti Google Play Developer, iTunes, hingga Paypal. Setelah perjalanan saya ditolak bank sana sini untuk apply kartu kredit (mungkin ada yang pernah merasakannya, haha) saya mendapatkan bahwa “Secure Credit Card” adalah jawabannya.

Apa itu “Secure Credit Card” atau “Kartu Kredit Dengan Jaminan” ?

Jenis kartu kredit yang termasuk dalam kategori secure credit card adalah kartu kredit yang diberikan kepada calon pemegang kartu/ nasabah tanpa melalui proses analisa dan verifikasi (instan approval), namun calon pemegang kartu wajib untuk melakukan lock dana pada tabungan bank. Jumlah limit kartu biasanya sebesar 80% dari jumlah tabungan yang dilock. Jadi jika saya lock tabungan sebesar 2 Juta rupiah , saya akan mendapatkan kartu dengan limit Rp. 1.600.000 per bulan.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk apply kartu kredit tersebut?

Yang diperlukan pertama adalah Niat. Niat anda untuk pergi ke Bank. Dalam pengalaman saya mencari bank yang menyediakan Secure Credit Card, dulu ada bank BCA, Mandiri dan Bank Sinarmas yang menyediakan layanan itu. Tetapi sekarang (April 2016) kedua bank besar tersebut (BCA & Mandiri) telah meniadakan layanan secure credit card sudah lama. Saya pun sempat kecewa karena mungkin dengan kedua bank tersebut saya dapat lebih mudah mengakses fasilitas mereka seperti ATM yang tersebar dimana-mana (tapi ya udah lah ya).

Dan saya memilih Bank Sinarmas untuk apply Secure Credit Card tersebut. Nama kartunya adalah INDIGO CARD. Caranya mudah hanya membawa sejumlah uang tabungan untuk lock dananya dan KTP. Jangan lupa mempersiapkan Nama, Alamat, dan  No Telp keluarga yang tidak serumah untuk keperluan Administrasi.

Setelah itu mbak teller cantik akan mendaftarkan anda sebagai nasabah dan diberi buku tabungan beserta kartu debit Bank Sinarmas. Tapi sayangnya kartu kredit tidak langsung jadi hari itu karena prosesnya harus di kantor pusat Jakarta. Yang harus kita lakukan adalah kita menunggu 2 Surat, yang satu berisikan PIN kartu dan yang satu Kartu Kreditnya. Make Sure, anda telah menuliskan alamat yang benar dan harus ada orang yang ada dirumah ketika surat itu sampai!

Konon katanya proses pengiriman yang dijanjikan adalah minimal 20 hari (tetapi saya hampir 3 Bulan). Jadi jika setelah 1 bulan belum ada surat saya saran kan untuk follow up ke Bank Sinarmas CARE 1500153.   Seharusnya tidak selama itu kata mbak teller cantik tetapi ya sudah karena saya yang butuh jadi saya sabar saja. Dan akhirnya….

Kartu Kredit Pertama Saya

Kartu Kredit Pertama Saya

Walaupun fungsinya sama seperti kartu kredit konvensional, tetapi ada satu lagi yang membedakan. Kita harus membayar tagihannya FULL satu bulan. Jadi tidak dapat dikredit atau diangsur berbulan-bulan. Tapi hal ini tidak apa-apa menurut saya, toh yang saya butuhkan hanya untuk  pembayaran online saja. Bukan untuk nyicil atau ngutang haha.

Syarat, dan Ketentuan lain:

  • Dana minimum untuk lock dana 1 juta.
  • PENTING! Apabila sampai dengan 14 hari kalender sejak tanggal jatuh tempo tidak dilakukan pembayaran, maka kartu akan diblokir permanen dan lock dana tabungan akan didebet secara manual untuk melunasi tagihan kartu kredit. Jangan sampai telat bayar ya, karena setiap pemilik kartu kredit akan dipantau Bank Indonesia dan jika anda di black list karena sering menunggak anda akan susah untuk mendapatkan approval untuk kartu kredit konvensional.

Untuk lebih lengkapnya silahkan masuk ke Bank Sinarmas Indigo Card.

Saran Saya:

Daftarkan ke Kantor Cabang (Jangan di Kantor Kas) atau yang paling gampang ke Kantor Pusat di Jakarta supaya jika kartu belum sampai mudah di follow up.

KESIMPULAN MENGENAI KARTU KREDIT INI

Yang perlu dibawa ke bank adalah:

  • KTP
  • Uang Tabungan yang akan di Lock
  • Nama, Alamat, dan No Telp keluarga yang tidak serumah.
  • Alamat Kantor dan Pekerjaan (tidak akan terlalu dicek)

Sangat direkomendasikan karena mudah tanpa slip gaji, rekening koran dll. Cukup dengan KTP dan Tabungan kita sudah dapat bertransaksi di dunia maya yang notabene sekarang apa-apa sudah menggunakan kartu kredit untuk pembayarannya seperti iTunes, Paypal, Google Play Developer, Apple Developer dan lain-lain. Bisnis lancar deh.

Berikut link-link lain yang membahas hal serupa!

https://blog.duitpintar.com/apply-kartu-kredit-pertama-kali-karena-belum-pernah-punya-coba-4-bank-ini

https://www.cermati.com/artikel/cara-membuat-kartu-kredit-pertama-apa-yang-mesti-diperhatikan

Untuk cara apply kartu lain mungkin lain kali saya bahas.

Thanks, Good People!

Jakarta, 24 April 2016.

Share This

Share This

Share this post with your friends!